20 June 2011

EVALUASI KEBIJAKAN PENANGANAN BANJIR DI KABUPATEN SAMPANG DENGAN METODE HUBUNGAN STATE-PRESSURE-RESPONSE.

PENDAHULUAN
Kali Kemuning yang mengalir melintasi daerah perkotaan Sampang seringkali menjadi bencana bagi masyarakat ketika musim hujan tiba. Bencana yang terjadi adalah bencana banjir dimana setiap tahun selalu terjadi banjir walaupun tidak terlalu besar namun cukup mengganggu aktivitas masyarakat. Tercatat pada tahun 2011 terjadi dua kali banjir yang cukup besar yaitu pada 3 Januari dan 4 Mei (www.antaranews.com).
Secara topografi Kabupaten Sampang terdiri atas bentangan perbukitan, ketinggian tempat antara 0-300 m dpl dan kemiringan lereng rata-rata antara 2 – 25 %. Topografi seperti ini sangat mendukung terjadinya proses erosi tanah yang pada intinya membawa sedimensedimen dari bagian atas yang pada akhirnya sedimentasi tersebut diendapkan di aliran-aliran sungai dan menyebabkan pendangkalan sungai sehingga daya tampung sungai akan air hujan yang terus menerus akan menyebabkan terjadinya banjir.
Terjadinya banjir di Kabupaten Sampang, disamping karena topografi juga karena keadaan lingkungan alam yang tidak mendukung proses siklus hidrologi atau proses perputaran air di permukaan bumi. Masing-masing factor saling terkait dan mendukung terjadinya banjir. Hutan yang kebanyakan sudah ditebang tanpa tebang pilih, pencurian kayu hutan akan menyebabkan terjadinya hutan gundul yang berkibat pada terjadinya lahan kritis dan percepatan erosi (BLH Kab. Sampang).
Melihat kondisi ini, Pemerintah Kabupaten Sampang melakukan beberapa kebijakan untuk menanggulangi permasalahan banjir yang terjadi. Oleh karena itu, untuk mengetahui keberhasilan kebijakan yang dilakukan maka perlu dilakukannya evaluasi terhadap kebijakan tersebut.

METODE EVALUASI
Evaluasi yang dilakukan adalah untuk melihat keberhasilan kebijakan pemerintah untuk menanggulangi masalah banjir sehingga evaluasi yang digunakan bersifat ex-post evaluation.
Tahapan yang dilakukan dalam evaluasi ini adalah memlihat state-pressure-respon terhadap banjir yang terjadi di Kabupaten Sampang serta melihat dampak yang terjadi setelah pelaksanaan kebijakan sehingga diperoleh penilaian terhadap keberhasilan kebijakan tersebut.

State-Pressure-Respon
Model State-Pressure-Respon (STR) pada awalnya dikembangkan oleh OECD dalam merumuskan laporan dan kebijakan-kebijakan lingkungan. Model ini mempertimbangkan bahwa kegiatan-kegiatan manusia memberikan Tekanan (Pressure) terhadap lingkungan dan mempengaruhi kualitas dan kuantitas sumberdaya alam (State); kemudian masyarakat atau pemerintah merespon perubahan-perubahan yang terjadi melalui kebijakan-kebijakan lingkungan, ekonomi dan sektoral dan melalui perubahan kesadaran dan perilaku (response)
Model Status-Tekanan-Respon (SPR) menyoroti hubungan sebab-akibat dari aspek-aspek tersebut, dan membantu para pembuat keputusan serta masyarakat memahami bahwa isu lingkungan, ekonomi dan lainnya saling terkait. Model ini menyediakan cara memilih dan mengorganisasikan indikator-indikator (atau status dari laporan lingkungan) yang bermanfaat bagi pembuat keputusan dan masyarakat, dan untuk memastikan bahwa tidak ada hal penting yang terlewatkan.

·         Pressure
Tekanan lingkungan menggambarkan tekanan dari kegiatan-kegiatan manusia terhadap lingkungan, termasuk sumberdaya alam. Dalam hal ini “tekanan” mencakup tekanan-tekanan tidak langsung (misalnya: pertumbuhan penduduk atau kebijakan pemerintah tentang pembukaan lahan pertanian) dan tekanan-tekanan langsung (misalnya: pemanfaatan sumberdaya atau pembuangan limbah dan polutan). Indikator-indikator tekanan lingklungan terkait erat dengan pola konsumsi dan produksi yang seringkali merefleksikan intensitas penggunaan sumberdaya dan emisi yang disertai dengan kecenderungan-kecenderungan/tren yang berkaitan dan perubahan-perubahan pada suatu periode tertentu. Indikator-indikator itu dapat digunakan untuk memperlihatkan perkembangan dalam menggabungkan kegiatan ekonomi dari tekanan lingkungan yang terkait, atau dalam pencapaian tujuan nasional dan komitmen internasional (misalnya target pengurangan emisi)
·         State
Kondisi-kondisi lingkungan berkaitan dengan kualitas lingkungan serta kualitas dan kuantitas sumberdaya alam. Mereka mencerminkan tujuan akhir dari kebijakan lingkungan. Indikator-indikator kualitas lingkungan dirancang untuk memberikan tinjauan status lingkungan dan perkembangannya sepanjang waktu. Contoh-contoh dari indikator lingkungan adalah: konsentrasi polutan dalam media lingkungan, kualitas lingkungan yang terdegradasi dan akibatnya terhadap kesehatan, status satwa liar dan ekosistem atau cadangan sumberdaya alam. Dalam praktiknya, pengukuran kondisi lingkungan seringkali tidak mudah dan mahal. Oleh karena itu, tekanan lingkungan seringkali menjadi pilihan, tetapi bukan merupakan substitusi. 
·         Response
Respon kemasyarakatan menunjukkan seberapa besar respon masyarakat, pemerintah, dan dunia usaha terhadap masalah lingkungan. Ini mengacu pada aksi dan reaksi yang dilakukan secara perorangan dan bersama, yang ditujukan untuk:
-          memitigasi, mengadaptasi atau mencegah pengaruh negatif manusia terhadap lingkungan;
-          mencegah atau memulihkan kerusakan lingkungan yang telah terjadi
-          melindungi (preserve) dan mengkonservasi alam dan sumberdaya alam.
 
MODEL STATUS-TEKANAN-RESPON (STATE-PRESSURE-RESPONSE)
Sumber: Dimodifikasi dari OECD (2003)

Dalam evaluasi ini respon dari pemerintah merupakan kebijakan yang dilakukan pemerintah untuk menanggulangi masalah banjir. Selanjutnya respon ini akan menjadi pressure/tekanan baru yang memberikan dampak dari kebijakan yang dilakukan sehingga dapat dilakukan penilaian keberhasilan program yang selanjutnya dapat menjadi masukan untuk perbaikan kebijakan/respon dengan demikian telah terjadi siklus State-Pressure-Respon.

PEMBAHASAN
Kebijakan yang dievaluasi adalah kebijakan yang dilakasanakan dari pertengahan tahun 2009. Sehingga dapat dilihat dampak kebijakan pada tahun 2010 hingga pertengahan 2011. Adapun State-Pressure-Respon awal yang dapat disusun adalah sebagai berikut:



Tabel 1  State-Pressure-Respon Awal
State (kondisi)
Pressure (tekanan)
Respon (Kebijakan) (R1)
-          Banjir musiman karena curah hujan di Kec. Karangpenang, Omben, Robatal dan Kedungdung tinggi terjadi hingga 4 kali selama tahun 2009 dengan lama terendam hingga 10 jam (Dinas PU Pengairan Sampang, 2009)
-          kawasan hutan di wilayah Kec. Robatal dan Kedungdung banyak yang rusak (BLH Kab. Sampang)
-          Perubahan tata guna lahan
-          Pembangunan tidak berwawasan lingkungan hidup
-          Curah Hujan
-          Penebangan hutan
-          Penyempitan dan pendangkalan sungai

-          pembuatan reserver atau pengendalian dam anak sungai yang masuk dalam suplasi Kali Kemuning.
-          rehabilitasi bantaran dan tanggul sungai yang mengalami pendangkalan di sepanjang Kali Kemuning.
-          normalisasi dan pengerukan Kali Kemuning, untuk mengurangi sedimentasi
-          Perbaikan dan pembuatan jalur drainase baru di perkampungan menuju sungai.
           
Berdasarkan himpunan data kejadian banjir tahun 2010 hingga pertengahan tahun 2011 didapatkan data sebagai berikut:
-          Kejadian banjir di perkotaan Sampang tercatat sebanyak 4 kali dengan rata-rata terendam selama 8 jam.
-          Terjadi penurunan ketinggian rendaman banjir hingga 40 sentimeter.
-          Terdapat daerah genangan baru dimana sebelumnya tidak pernah terjadi banjir.
Berdasarkan data diatas maka dapat dibentuk tabel State-Pressure-Respon baru sebagai berikut:

Tabel 2 State-Pressure-Respon Baru
State (kondisi)
Pressure (tekanan)/R1
Respon (Kebijakan) (R1)
-          Kejadian banjir di perkotaan Sampang tercatat sebanyak 4 kali dengan rata-rata terendam selama 8 jam.
-          Terjadi penurunan ketinggian rendaman banjir hingga 40 sentimeter.
-          Terdapat daerah genangan baru dimana sebelumnya tidak pernah terjadi banjir.
(Dinas PU Pengairan Sampang, 2010 dan www.antaranews.com)
-          pembuatan reserver atau pengendalian dam anak sungai yang masuk dalam suplasi Kali Kemuning.
-          rehabilitasi bantaran dan tanggul sungai yang mengalami pendangkalan di sepanjang Kali Kemuning.
-          normalisasi dan pengerukan Kali Kemuning, untuk mengurangi sedimentasi
-          Perbaikan dan pembuatan jalur drainase baru di perkampungan menuju sungai.


Evaluasi dan perbaikan kebijakan baru.
Berdarkan perbandingan tabel State-Pressure-Respon awal dan State-Pressure-Respon baru dapat dilihat terjadi perubahan pada kolom kondisi/state dimana kondisi yang baru merupakan dampak dari respon/kebijakan awal. Namun pada perbandingan kolom awal dan baru terlihat kondisi baru yaitu terdapat daerah genangan baru. Jika dikaitkan dengan tekanan yang terjadi maka hal ini diakibatkan oleh kebijakan perbaikan dan pembuatan jalur drainase baru di perkampungan menuju sungai. Dimana perkampungan yang sebelumnya tidak mengalami banjir kini tergenang banjir akibat ada saluran drainase walaupun genangan yang terjadi tidak terlalu tinggi.
Dengan perbandingan dua tabel  State-Pressure-Respon maka dapat dilakukan evaluasi dan kebijakan baru sebagai bentuk respon baru terhadap kondisi terkini.

KESIMPULAN
Berdasarkan evaluasi kebijakan penanggulangan banjir dengan menggunakan Metode Hubungan State-Pressure-Respon maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1.                  Model SPR memiliki kelebihan sebagai salah satu kerangka kerja yang paling mudah untuk dipahami dan digunakan, karena model ini hanya menyatakan keterkaitan yang ada, tanpa melihat apakah ini mempunyai dampak negatif atau positif.  Namun, ini tidak berarti mengaburkan hubungan-hubungan yang lebih kompleks di dalam ekosistem, dan interaksi-interaksi antara lingkungan-ekonomi dan lingkungan-sosial (masyarakat).
2.                  Tergantung dari tujuan digunakannya model ini, model STR dapat disesuaikan dengan mudah untuk hal-hal yang lebih rinci atau gambaran-gambaran yang lebih spesifik. Sebagai contoh adalah model Driving force-Pressure-State-Impact-Response (DPSIR) atau model Pendorong-Tekanan-Status-Dampak-Respon (PTSDR).

No comments:

Post a Comment